Home » Imam Mahdi , Syiah » Imam Mahdi Menurut Ajaran Syiah

Imam Mahdi Menurut Ajaran Syiah

Silahkan melihat semua artikel wawanislam disini


Imam Mahdi Menurut Ajaran Syiah
Imam Mahdi Menurut Syiah
Imam Mahdi Menurut Ajaran Syiah. bagaimana kaum Syiah meyakini akan datangnya Imam Mahdi? Figur Imam Mahdi menurut penganut aliran Syiah mewakili pendapat kelompok keempat. Menurut pendapat Syiah, Imam mahdi adalah figur yang jelas, berasal dari keturunan Fatimah atau ahlulbait, dan merupakan salah seorang dari imam-imam ahlul bait.

Meski begitu, di kalangan penganut aliran Syiah pun, terdapat perbedaan pendapat mengenai figur dari imam-imam itu yang diyakini sebagai Imam Mahdi. Menurut Ensiklopedi Islam, terdapat tiga golongan utama tentang sosok Imam Mahdi dalam Syiah.

Pertama, kelompok Kaisaniyah yang menganggap bahwa Muhammad bin Hafiah, putra Ali bin Abi Thalib adalah Imam Mahdi. Kedua, Syiah Ismailiyah as-Sabiyyah ( Syiah tujuh imam), menganggap bahwa Isma’il bin Jafar as-Sadiq sebagai Imam Mahdi. Ketiga, Syiah Dua Belas, yang menganggap Muhammad Al-Muntazar bin hasan Al-Askari, imam yang ke-12 sebagai Imam Mahdi.

Syiah Dua Belas memiliki penganut yang mayoritas hingga kini. Dalam pandangan mereka, Muhammad Al-Muntazar adalah Imam Mahdi yang dijanjikan. Akan tetapi, menurut penganut Syiah Dua Belas ini, pada tahun 329 H, sosok imam mereka itu digaibkan oleh Allah SWT dari alam nyata.

Imam Mahdi Menurut Ajaran Syiah akan hadir untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan terhadap kaum tertindas dan menegakkan keadilan. ‘’Yang oleh penganut Syiah dimaksudkan sebagai penghapus kekhalifahan penindas dan kembali pada Islam yang murni.

Para penganut Syiah juga meyakini bahwa , Imam Mahdi akan datang untuk mengislamkan dunia. Di antara berbagai faksi Syiah, papar Esposito, perbedaan tentang figur atau tokoh yang akan menjadi Imam Mahdi merupakan salah satu faktor utama yang membuat Syiah terbagi ke dalam beberapa sekte.

Para pengikut Syiah menyakini, ketika Imam Mahdi muncul dari kegaiban yang ditetapkan oleh Tuhan, maka dunia akan dipenuhi dengan keadilan, sebagaimana sekarang dunia dipenuhi dengan ketidakadilan. Tak heran, jika setiap generasi muncul sebuah keyakninan bahwa Imam Mahdi akan mucul pada masa mereka.

Demikian Imam Mahdi Menurut Ajaran Syiah di dapat dari berbagai sumber yang terpercaya
Title : Imam Mahdi Menurut Ajaran Syiah
Link: Wawan Islam
Notes: If you want copy my article, please link to us and press Ctrl + D to bookmark

New Article :

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri komentar yang baik dan sopan