Doa Niat Puasa Ramadhan dengan Terjemahanya

http://1.bp.blogspot.com/-B3FGrzvtZj8/Vdkk9aZGvgI/AAAAAAAAE8c/YsuiMT89IzU/s1600/puasa%2Bnazar.jpg 
Wawanislam - Sebelum berpuasa di bulan ramadhan kita harus membaca doa niat puasa,karena sebelum berpuasa kita harus didasari dengan niat puasa di bulan suci.

Doa niat puasa di bulan suci ramadan

Doa Niat Puasa



Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan dalam Bahasa Indonesia
Nawaitu souma godhin an adaa i, fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi taaalaa
Terjemahan Doa Niat Puasa Ramadhan
Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala

Kata-kata Ucapan Buka Puasa Bulan Ramadan Tahun 2017 1438 H

Kata-kata Ucapan Buka Puasa Bulan Ramadan Tahun 2017 1438 H - Memberikan sebuah sms kata ucapan selamat berbuka puasa di bulan ramadhan kepada temen, sahabat atau kepada pacar adalah salah satu bukti perhatian kita kepada mereka, walaupun isinya ada yang lucu ataupun romantis. Biasanya ucapan selamat berbuka puasa ini di kirimkan lewat sms, bbm atau dari status facebook kepada teman, sahabat, pacar tercinta.

Dengan mengirimkan kata ucapan selamat berbuka puasa kita jadi bisa saling berbagi keceriyaan memper erat tali silaturahmi. Sebelumnya saya selaku admin Bersasi mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, silahkan langsung saja dilihat sms kata ucapan selamat berbuka puasa di bawah ini.

Kata-kata Ucapan Buka Puasa Bulan Ramadan Tahun 2017 1438 H


Alluhumma lakasumtu

wa bika amantu

wa ‘ala rizqika aftortu

dahaba dhoma u

wabtal atil ‘uru u

wasa batal ajru

Insya Allah...

Amin..

Selamat berbuka puasa...
Kebaikan itu banyak, tetapi pengamalnya (yang melaksanakannya) sedikit.

(HR. Abu Hanifah).

met buka puasa ya.. smg Allah menerima puasa qta..


Barangsiapa dibukakan baginya pintu kebaikan(rezeki)

hendaklah memanfaatkan kesempatan itu (untuk berbuat baik),

sebab dia tidak mengetahui kapan pintu itu akan ditutup baginya.(HR. Asysyihaab).

met buka puasa ya.. smg Allah menerima puasa qta.
Adzan Maghrib telah berkumandang

tiba saatnya waktu berbuka puasa

Selamat berbuka puasa ya...


Rasulullah Saw melarang mengapur kuburan,

duduk-duduk di atas kuburan dan membina kuburan

(dibangun dengan bata atau dengan ubin, dll)

tapi berupa unggukan tanah saja setinggi satu jengkal.(HR. Muslim).

Met buka puasa ya.. smg Allah mnerima puasa qta hari ini..
malam-malamku bagai malam seribu bintang bila kau disini tuk sekedar menemani tuk melintasi wangi yang slalu tersaji di satu sisi hati… met buka puasa ya..


Saatnya berbuka puasa untuk orang ganteng dan orang cantik.. heh... km ga ngerasa ganteng/cantik ya?? cepetan buka puasa sana..!

jgn baca sms mulu haha. by musikji.net met buka puasa ya sobat..!
Sehari sudah menahan dahaga,

sehari sudah menahan nafsu dunia,

kini saatnya telah tiba,

met berbuka puasa...


Kolak, Es Dawet, Es Cincau, Agar-agar

hem... enaknya....

kamu mau gak...?

met buka puasa ya...
Dua mata yang diharamkan dari api neraka, yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah, dan mata yang menjaga serta mengawasi Islam dan umatnya dari (gangguan) kaum kafir. (HR. Bukhari).. selamat berbuka puasa ya.


Nih sudah kusiapin makanan buat kamu: sepiring cinta, semangkok sayang, sepotong kasih, setoples rindu , sepotong senyum, seiris hati dan minumnya segelas perhatian, kalau ingin muntah2 kamu sudah tau kan letak WC nya dari sini lurus aja trus belok kanan, he2, met buka puasa ya..



Kamu tentu belum pernah melihat kucing yang paling manis sedunia. Apakah kamu penasaran? Jawabnya adalah kucinta kamu selamanya. Met berbuka ya.
Hallo maaf bila merasa terganggu, sebab melalui SMS ini aku hanya ingin mengucapkan selamat berbuka puasa kepada kamu.

 Jangan lupa berdoa sebelum makan. Ketika kenyang jangan lupa ucapkan Alahamdulillah. Selamat berbuka puasa kuucapkan, untukmu dengan senyumku terindah.
Memang manis rasa gula, tetapi lebih manis rasa madu. Kuucapkan selamat berbuka puasa kepada engkau yang kurindu.

Bila membuat kolak buah pisang jangan lupa memberi santan dan gula. Buat kamu yang aku sayang, kucuapkan selamat berbuka puasa.
Merdunya lantunan suara azhan terdengar dari arah mushola. Kucuap sapa dengan senyum iman, selamat berbuka puasa cinta…

Sudah aku siapkan berbagai menu makanan buat kamu, yaitu sepiring cinta, semangkok sayang, sepotong kasih, setoples rindu, dansepotong senyum. Selamat berbuka puasa ya…
Adzan Maghrib telah berkumandang dengan kerasnya, tiba saatnya waktu berbuka puasa. Selamat berbuka puasa ya.. Selamat menikmati menu buka puasa..

Kata-kata Ucapan Sahur Bulan Ramadan Tahun 2017 1438 H

Kata-kata Ucapan Sahur Bulan Ramadan Tahun 2017 1438 H - Sahur !!! Sahur !!! Pastinya anda akan merasa senang sekali apabila ada orang yang mengirimkan sms kata kata ucapan selamat sahur kepada anda baik itu dari teman, sahabat dan yang paling menyenangkan adalah dari kekasih/pacar tercinta.

Jangan hanya mau di kirimin sms saja, tetapi anda juga harus mengirimkan sms selamat sahur ini kepada teman,sahabat hingga pacar anda, itung-itung penyemangat mereka buat menjalankan ibadah puasa di esok hari.
Kata-kata Ucapan Sahur Bulan Ramadan Tahun 2017 1438 H

Berikut ini adalah beberapa koleksi kumpulan kata kata sahur dan beberapa kata-kata ucapan selamat sahur dengan berbagai macam variasi, ada yang lucu, gokil, romantis dan masih banyak yang lainnya.

Kata-kata Ucapan Sahur Bulan Ramadan Tahun 2017 1438 H

Pada pagi yang masih basah,

aku mendengar suaramu mengapung di udara.

Mengucap salam sahur untuk kekasih

Mimpi apa tadi malam?
Langit hendak membuka tabirnya,
Sebentar lagi mentari pagi akan segera menyapa
Dear, selamat sahur ya…
ragukanlah bumi ini berputar

ragukanlah matahari itu berpijar

ragukanlah bintang itu bercahaya

tapi jgn ragukan cintaku pdmu..

met sahur ya
Kau bukan saja terindah,
tapi juga terdalam dalam hidupku.
Tak salah lagi, aku memilih mencintaimu..
met makan sahur ya…
Kukirimkan senyum syukur

Lewat do'a yang tak terukur

Semoga yang disana dah bangun tidur

Sebelum waktu imsak menegur....Selamat Makan Sahur !

Karna syukur aku berdo'a
Semoga selalu sehat badan kita
Dan bisa menjalankan ibadah puasa
Di bulan suci memetik banyak pahala

Selamat Makan Sahur,,, Cinta !

Angin dingin mulai sirna

Mendengar batinku barkata

Akan kutunaikan ibadah puasa

Ikhlas karena Allah Yang Maha Esa

Dan semoga engkau yang disana juga sama

Selamat Makan Sahur Kuucap Sapa
Sebelum waktu imsak tiba ...

Biarpun lauknya sederhana

Namun nikmat terasa

Karena ada aroma do'a

Dirimu yang jauh disana



Selamat Makan Sahur Duhai Cinta !

Dan Selamat Berpuasa !
Suasana Ramadhan sungguh indah,
Karena berhiaskan cahaya ibadah
Menerangi hati semakin cerah
Buat kita tersenyum Alhamdulillah
Bersyukur Kepada Allah Yang Maha Pemurah

Sebelum imsak aku menegur
Selamat Makan Sahur !

Biarpun jauh dari keluarga

Namun janganlah lupa

Bahwa dalam hati mereka

Ada senyum do'a do'a

Agar kita sehat Menjalankan puasa

Di bulan yang berlimpah pahala

Pergi kesawah hendak berkebun sambil membawa ember ke sumur Woii..Woiii cepetan bangun !!! Sudah masuk waktunya untuk sahur

Untuk engkau yang disana

Selamat Makan Sahur...ya

Semoga puasa berlimpah pahala

Ada nasi ikan dan sayur,
Tersedia diatas meja,
Kuucapkan selamat makan sahur,
Untuk Engkau sekaluarga,

Ambil air pakai timba,

Air bening dari dalam sumur,

Buat yang aku cinta disana,

Selamat makan sahur.

Seberapa rezeki kita wajib bersyukur,
Bersyukur Kepada Allah Yang Maha Kuasa,
Kuucapkan selamat makan sahur,
Sebelum waktu imsak tiba.
mata yang paling indah hanya matamu, sejak dahulu kurasakan tak pernah berubah, sinar yang paling indah dari matamu sampai kapanpun itulah yang terindah… met ma'em sahur ya..
Setelah masak nasi goreng telur,
Telur dadar buat lauk makan,
Kuucapkan selamat makan sahur,
Buat engkau yang kurindukan.
Ada beras ada juga kencur,

Dihaluskan untuk bikin jamu,

Dengan ikhlas kuucapkan mat makan sahur,

Untuk engkau yang selalu kurindu.
Pergi ke pasar naik sepeda,
Di pasar membeli sayur-mayur,
Untuk engakau yang disana,
Jangan Lupa Makan Sahur.
Tak pernah ada kata terlambat untuk mengatakan cinta. Ungkapkan saja, biar semua menjadi nyata. met makan sahur ya…
Ikhlas engkau kusapa Assalamu'alaikum,
Dengan senyum rasa penuh syukur,
Untukmu sudah makan sahur belum,
Kalau belum mat makan sahur.
berdua denganmu pasti lebih baik aku yakin itu,

bila ku sendiri hati bagai langit berselimut awan…

met makan sahur ya..
Karna syukur aku berdo’a Semoga selalu sehat badan kita Dan bisa menjalankan ibadah puasa Di bulan suci memetik banyak pahala Selamat Makan Sahur… Cinta !
kamu adalah perempuan paling cantik di negeriku indonesia,

kamulah yang nomer satu.

aku tak akan bisa sukai lagi perempuan yang lainnya..he2,

met makan sahur ya..
mata yang paling indah hanya matamu,
sejak dahulu kurasakan tak pernah berubah,
sinar yang paling indah dari matamu,
sampai kapanpun itulah yang terindah…
met ma'em sahur ya..
aktifkn PI-RING anda dgn menu NASI PUTIH+SAYUR ASEM, raih LAUK seadanya.. ketik:LAPER kirim ke PERUT, (Rp 0). info:Hub,DAPUR. "MEt mkan sahur" --- ;o)
malam-malamku bagai malam seribu bintang,
bila kau disini tuk sekedar menemani
tuk melintasi wangi yang slalu tersaji di satu sisi hati… hehe..
Met mkn sahur yah..
Jam segini enaknya SMS (Saatnya Makan Sahur). Ayo banguuun..!! Kalo MMS (Mata Masih Sepet) lebih baik CM (Cuci Muka). Setelah sahur jangan lupa baca NSP (Niat Sebelum Puasa).
Yang kuharap malam ini hanya tenangmu.
Yang kuinginkan saat ini hanya damaimu.
Yang kupinta detik ini hanya bahagiamu.
Met makan sahur sayang.
met makan sahur ya…

mam yg bnyk yah biar km ma buah hati qta slalu sehat.
Kau bukan saja terindah,
tapi juga terdalam dalam hidupku.
Tak salah lagi, aku memilih mencintaimu..
met makan sahur ya…
Di suatu hari. aku rela menunggu jawab cintamu.

Kini, atau nanti, tak ada bedanya..

met sahur deh, makan sahur yg bnyk ya
Aku terlalu lelah mengeja hari tanpa sandaran cinta pasti.
Hanya sepi yang tersisa, selebihnya adalah wajahmu yang kucipta.
met makan sahur ya…
Tak lelah ditebas mimpi semu,

tak hilang disembunyikan langit hitam.

Cinta atau bukan, yang pasti kau tetap yang terindah.

met makan sahur ya…
Tak pernah ada kata terlambat untuk mengatakan cinta.
Ungkapkan saja, biar semua menjadi nyata.
met makan sahur ya…

Rebahlah di peraduanmu dengan kepala tengadah dan hati tak resah.

Percayalah, aku selalu gelisah bila tidurmu diselimuti gundah.

met makan sahur ya…

Selamat sahur untuk seorang yang ada di dalam hatiku,
pagi ini merupakan mentari buat jiwaku,
manghangatkan hatiku meleburkan embun raga ku.

Kata-Kata Ucapan Puasa Bulan Ramadhan tahun 2017 1438 H

Kata-Kata Ucapan Puasa Bulan Ramadhan tahun 2017 1438 H - Sungguh sangat terharu dan bahagia sekali dengan menyambut datangnya Bulan Puasa Ramadhan . Bulan yang dipilih sebagai bulan yang sangat istimewa untuk melakukan ibadah berpuasa , melaksanakan kewajiban kita sebagai ummat muslim untuk menjalankan perintahNya .
Kata-Kata Ucapan Puasa Bulan Ramadhan tahun 2017 1438 H

Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan, yang sangat istimewa untuk ummat muslim di dunia. Dikarenakan di bulan puasa ini bulan diturunkannya Kitab suci Al-Qur’an, yang merupakan sebagai pedoman hidup bagi seluruh ummat manusia.

Yang dimana di bulan suci ramadhan terdapat suatu malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Diiringi dengan sebuah aktifitas ibadah shalat tarawih, memperbanyak bacaan Al-Qur’an, serta diakhiri dengan membayar Zakat Fitrah dan perayaan shalat Idul Fitri.

Kita wajib menyambut dengan rasa gembira, haru dan bahagia, sebagai perasaan akan datangnya bulan yang penuh berkah dan maghfiroh. Anda pun bisa saling mengirim suatu kata ucapan puasa bulan ramadhan kepada saudara, keluarga atau teman.
Berikut kata mutiara bijak dan SMS ucapan selamat Puasa Ramadhan 1437 Hijriyah / 2016 Masehi untuk mengisi update status terbaru Facebook, BBM dan Twitter anda semua.

Kata-Kata Ucapan Puasa Bulan Ramadhan tahun 2017 1438 H

Marhaban Ya Ramadhan 1436 Hijriyah / 2015 Masehi, Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan.
Let’s join us for ‘RAMADHAN SALE’.

Diskon penghapus dosa besar-besaran s/d 100% untuk semua jenis dosa.

Tingkatkan ibadah wajib, sunnah, perbanyak istigfar dan shadaqah.

Lebih heboh laga, ikuti DOOR PRIZE lailatul qadar.

Selamat berpuasa maaf lahir batin.
Mengingat Kata yang Salah.

Hati yang Berprasangka.

Janji yang terlupakan.

Sikap dan Sifat yang menyakitkan.

Di hari ini ijinkanlah ku juga mengucapkan.

Mohon maaf LAHIR DAN BATHIN.
11 bln banyak kata sudah di ucapkan dan dilontarkan tak semua menyejukan

11 bln banyak prilaku yang sudah dibuat dan diciptakan tak semua menyenangkan

11 bln banyak keluhan, kebencian, kebohongan menjadi bagian dari diri

Mari kita memaafkan, mohon maaf lahir dan batin
Mungkin hari-hari yang lewat telah menyisakan sebersit kenangan yang tak terlupa.

Ada salah, ada khilaf, ada dosa yang mengikuti perjalanan hari – hari itu.

Agar tak ada sesal, tak ada dendam, tak ada penyesalan.

Mari kita sama-sama sucikan hati, diri, dan jiwa kita.

Marhaban Yaa Ramadhan.
Marhaban yaa Ramadhan

Pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan.

Puasa Ramadhan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan.

Selamat Menunaikan Ibadah puasa.
Hidup ini hanya sebentar lagi.

Bentar marah, bentar ketawa.

Betar berduit, bentar boke.

Bentar senang, bentar susah.

ooo ye, bentar lagi bulan puasa.

Met ramadhan, mohon maaf lahir bathin.
Semua yang kulakukan adalah untuk kebahagianmu.

Segalanya adalah untukmu.

Hanya saja aku bukan lelaki yang sempurna.

Selalu saja ada kata dan kesalahan.

Yang mungkin bisa menyakiti hatimu.

Selamat berpuasa sayang, terimalah maafku.

Bersama 1000 cinta, Aa.
Perkataan yg indah adlh “ALLAH”

Lagu yg merdu adlh “ADZAN”

Media yg terbaik adlh “AL QUR’AN”

Senam yg sehat adlh “SHALAT”

Diet yg sempurna adlh “PUASA”

Kebersihan yg menyegarkan adlh “WUDHU”

Perjalanan yg indah adlh “HAJI”

Khayalan yg baik adlh ingat akan “DOSA & TAUBAT”

Mudah2an bln yg suci ini bs membawa iman dan takwa, Aamiin..
Ke kota jakarta hari selasa.

Pulang pergi naik kereta.

s’hari lg kt puasa.

Mohon mf kalo ada salah kata.

Marhaban Ya Ramadhan.
Andai semua HARTA adalah RACUN.

Maka ZAKATlah penawarnya.

Jika seluruh UMUR adalah DOSA.

Maka TAQWA & TOBAT obatnya.

Jika semua BULAN adalah NODA.

Maka RAMADHAN adalah pembersihnya.

Marhaban Ya Ramadhan.
Matahari berdzikir.

Angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu.

Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan.

Selamat datang Ramadhan.

Selamat beribadah puasa.

Mohon Maaf Lahir dan Bathin.
Marhaban ya Ramadhan…

ya Allah, kusaMbut dtg’y buLan pEnuh ampUnanmu dg sUka dLam diri beRlumUr doSa

bErharap maMpu m’jaLankn smw pErintahmu dan kembaLi fitrah

Maafkan khilafku, ikhlaskan salahku, dan sepenuh hati karnaNya…

smg tiap langkah kaki kita mdptkn ridloNya… selamat Ramadhan.
Jika HATI sejernih AIR, jangan biarkan ia keruh

Jika HATI seputih AWAN, jangan biarkan ia mendung

Jika HATI seindah BULAN, hiasi ia dengan IMAN

Dibulan yg suci ini ijinkan kami sekeluarga ” MOHAN MAAF LAHIR & BATHIN”
Gelap malamMU ku terjaga.

KarnaMU ku bergerak melangkah menuju mentariMU.

Kusambut pemberianMU.

Dengan harapan kudapat keridoanMU.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa Bulan Ramadhan 1437 Hijriyah / 2016 Masehi

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2017 1438 H

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1438 Hijriah Bulan Juni 2017 Masehi Selama 1 Bulan Penuh di Seluruh Indonesia. Ramadhan merupakan salah satu bulan yang dalam agama Islam disebut sebagai bulan penuh berkah dan keagungan karena didalamnya terdapat pintu-pintu ampunan yang terbuka lebar bagi siapa pun umat muslim yang menginginkannya. Selain menjadi bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan, bulan Puasa Ramadhan juga menjadi salah satu bentuk kasih sayang yang diberikan oleh Allah SWT guna mengasah jiwa, menajamkan pikiran sekaligus membersihkan hati seorang muslim.

Bagi seorang muslim, berpuasa adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh mereka yang secara fisik dan mental dinyatakan sehat serta usianya telah mencukupi. Hukum wajib dalam melaksanakan puasa Ramadhan juga dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah ayat 183: "Wahai orang-orang yang beriman, berpuasalah kamu sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar menjadi orang yang takwa". Dengan bersumber dari ayat ini, maka jelaslah sudah jika melakukan shaum di bulan Ramadhan merupakan sebuah kewajiban yang harus diniatkan sekaligus ditaati.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2017 1438 H

Jadwal Imsakiyah Jakarta dan Sekitarnya

HariImsakShubuhTerbitDhuhaZhuhrAsharMaghribIsya
104:2904:3906:0006:2411:5515:1717:4819:03
204:2904:3906:0006:2411:5515:1717:4819:03
304:2904:3906:0006:2411:5615:1717:4919:03
404:2904:3906:0106:2411:5615:1817:4919:04
504:2904:3906:0106:2511:5615:1817:4919:04
604:3004:4006:0106:2511:5615:1817:4919:04
704:3004:4006:0106:2511:5615:1817:4919:04
804:3004:4006:0106:2511:5715:1917:5019:04
904:3004:4006:0206:2511:5715:1917:5019:05
1004:3004:4006:0206:2611:5715:1917:5019:05
1104:3104:4106:0206:2611:5715:1917:5019:05
1204:3104:4106:0206:2611:5715:1917:5119:05
1304:3104:4106:0206:2611:5815:2017:5119:05
1404:3104:4106:0306:2611:5815:2017:5119:06
1504:3204:4206:0306:2611:5815:2017:5119:06
1604:3204:4206:0306:2711:5815:2017:5219:06
1704:3204:4206:0306:2711:5815:2017:5219:06
1804:3204:4206:0306:2711:5915:2117:5219:06
1904:3204:4206:0306:2711:5915:2117:5219:07
2004:3204:4206:0306:2711:5915:2117:5219:07
2104:3304:4306:0406:2711:5915:2117:5319:07
2204:3304:4306:0406:2711:5915:2117:5319:07
2304:3304:4306:0406:2711:5915:2117:5319:07
2404:3304:4306:0406:2712:0015:2217:5319:07
2504:3304:4306:0406:2712:0015:2217:5319:07
2604:3304:4306:0406:2712:0015:2217:5419:08
2704:3404:4406:0406:2712:0015:2217:5419:08
2804:3404:4406:0406:2712:0015:2217:5419:08
2904:3404:4406:0406:2712:0015:2217:5419:08
3004:3404:4406:0406:2712:0015:2217:5419:08





Jadwal Imsakiyah Bandung dan Sekitarnya

Hari Imsak Subuh Terbit Dhuha Zhuhur Ashar Maghrib Isya
1 04:27 04:37 05:58 06:22 11:52 15:13 17:44 18:59
2 04:27 04:37 05:58 06:22 11:52 15:14 17:44 18:59
3 04:27 04:37 05:59 06:22 11:52 15:14 17:44 18:59
4 04:27 04:37 05:59 06:23 11:53 15:14 17:45 18:59
5 04:28 04:38 05:59 06:23 11:53 15:14 17:45 18:59
6 04:28 04:38 05:59 06:23 11:53 15:14 17:45 19:00
7 04:28 04:38 05:59 06:23 11:53 15:15 17:45 19:00
8 04:28 04:38 06:00 06:23 11:54 15:15 17:45 19:00
9 04:28 04:38 06:00 06:24 11:54 15:15 17:46 19:00
10 04:29 04:39 06:00 06:24 11:54 15:15 17:46 19:01
11 04:29 04:39 06:00 06:24 11:54 15:16 17:46 19:01
12 04:29 04:39 06:00 06:24 11:54 15:16 17:46 19:01
13 04:29 04:39 06:01 06:24 11:55 15:16 17:47 19:01
14 04:29 04:39 06:01 06:24 11:55 15:16 17:47 19:01
15 04:30 04:40 06:01 06:25 11:55 15:16 17:47 19:02
16 04:30 04:40 06:01 06:25 11:55 15:17 17:47 19:02
17 04:30 04:40 06:01 06:25 11:55 15:17 17:47 19:02
18 04:30 04:40 06:01 06:25 11:55 15:17 17:48 19:02
19 04:30 04:40 06:01 06:25 11:56 15:17 17:48 19:02
20 04:31 04:41 06:02 06:25 11:56 15:17 17:48 19:02
21 04:31 04:41 06:02 06:25 11:56 15:18 17:48 19:03
22 04:31 04:41 06:02 06:25 11:56 15:18 17:49 19:03
23 04:31 04:41 06:02 06:25 11:56 15:18 17:49 19:03
24 04:31 04:41 06:02 06:25 11:56 15:18 17:49 19:03
25 04:31 04:41 06:02 06:25 11:57 15:18 17:49 19:03
26 04:31 04:41 06:02 06:25 11:57 15:18 17:49 19:03
27 04:32 04:42 06:02 06:26 11:57 15:18 17:50 19:03
28 04:32 04:42 06:02 06:26 11:57 15:19 17:50 19:04
29 04:32 04:42 06:02 06:26 11:57 15:19 17:50 19:04
30 04:32 04:42 06:02 06:25 11:57 15:19 17:50 19:04

Jadwal Imsakiyah Surabaya dan Sekitarnya

Hari Imsak Shubuh Terbit Dhuha Zhuhr Ashar Maghrib Isya
1 04:07 04:17 05:38 06:02 11:31 14:53 17:23 18:38
2 04:07 04:17 05:39 06:02 11:32 14:53 17:23 18:38
3 04:07 04:17 05:39 06:02 11:32 14:53 17:23 18:38
4 04:07 04:17 05:39 06:03 11:32 14:53 17:23 18:38
5 04:08 04:18 05:39 06:03 11:32 14:53 17:23 18:38
6 04:08 04:18 05:39 06:03 11:33 14:54 17:24 18:39
7 04:08 04:18 05:40 06:03 11:33 14:54 17:24 18:39
8 04:08 04:18 05:40 06:03 11:33 14:54 17:24 18:39
9 04:08 04:18 05:40 06:04 11:33 14:54 17:24 18:39
10 04:09 04:19 05:40 06:04 11:33 14:55 17:25 18:39
11 04:09 04:19 05:40 06:04 11:34 14:55 17:25 18:40
12 04:09 04:19 05:41 06:04 11:34 14:55 17:25 18:40
13 04:09 04:19 05:41 06:04 11:34 14:55 17:25 18:40
14 04:09 04:19 05:41 06:05 11:34 14:55 17:26 18:40
15 04:10 04:20 05:41 06:05 11:34 14:56 17:26 18:40
16 04:10 04:20 05:41 06:05 11:35 14:56 17:26 18:41
17 04:10 04:20 05:41 06:05 11:35 14:56 17:26 18:41
18 04:10 04:20 05:41 06:05 11:35 14:56 17:26 18:41
19 04:10 04:20 05:42 06:05 11:35 14:56 17:27 18:41
20 04:11 04:21 05:42 06:05 11:35 14:57 17:27 18:41
21 04:11 04:21 05:42 06:05 11:35 14:57 17:27 18:42
22 04:11 04:21 05:42 06:05 11:36 14:57 17:27 18:42
23 04:11 04:21 05:42 06:05 11:36 14:57 17:28 18:42
24 04:11 04:21 05:42 06:05 11:36 14:57 17:28 18:42
25 04:11 04:21 05:42 06:06 11:36 14:57 17:28 18:42
26 04:11 04:21 05:42 06:06 11:36 14:58 17:28 18:42
27 04:12 04:22 05:42 06:06 11:36 14:58 17:28 18:42
28 04:12 04:22 05:42 06:06 11:36 14:58 17:29 18:43
29 04:12 04:22 05:42 06:06 11:37 14:58 17:29 18:43
30 04:12 04:22 05:42 06:06 11:37 14:58 17:29 18:43



Jadwal Imsakiyah Semarang dan Sekitarnya

Hari Imsak Shubuh Terbit Dhuha Zhuhr Ashar Maghrib Isya
104:1604:2605:4506:1111:4115:0217:3518:47
204:1604:2605:4506:1111:4115:0217:3518:48
304:1604:2605:4606:1111:4115:0317:3518:48
404:1604:2605:4606:1111:4115:0317:3518:48
504:1604:2605:4606:1211:4215:0317:3518:48
604:1704:2705:4606:1211:4215:0317:3618:48
704:1704:2705:4606:1211:4215:0317:3618:49
804:1704:2705:4706:1211:4215:0417:3618:49
904:1704:2705:4706:1211:4315:0417:3618:49
1004:1704:2705:4706:1311:4315:0417:3618:49
1104:1804:2805:4706:1311:4315:0417:3718:49
1204:1804:2805:4706:1311:4315:0417:3718:50
1304:1804:2805:4706:1311:4315:0517:3718:50
1404:1804:2805:4806:1311:4415:0517:3718:50
1504:1804:2805:4806:1311:4415:0517:3818:50
1604:1904:2905:4806:1411:4415:0517:3818:50
1704:1904:2905:4806:1411:4415:0617:3818:51
1804:1904:2905:4806:1411:4415:0617:3818:51
1904:1904:2905:4806:1411:4415:0617:3918:51
2004:1904:2905:4806:1411:4515:0617:3918:51
2104:2004:3005:4906:1411:4515:0617:3918:51
2204:2004:3005:4906:1411:4515:0617:3918:51
2304:2004:3005:4906:1411:4515:0717:3918:52
2404:2004:3005:4906:1411:4515:0717:4018:52
2504:2004:3005:4906:1411:4515:0717:4018:52
2604:2004:3005:4906:1411:4515:0717:4018:52
2704:2004:3005:4906:1411:4615:0717:4018:52
2804:2104:3105:4906:1411:4615:0717:4018:52
2904:2104:3105:4906:1411:4615:0717:4118:52
3004:2104:3105:4906:1411:4615:0817:4118:53

Jadwal Imsakiyah Yogyakarta dan Sekitarnya

Hari Imsak Shubuh Terbit Dhuha Zhuhr Ashar Maghrib Isya
1 04:17 04:27 05:48 06:12 11:41 15:02 17:32 18:46
2 04:17 04:27 05:48 06:13 11:41 15:02 17:32 18:46
3 04:18 04:28 05:49 06:13 11:41 15:02 17:32 18:47
4 04:18 04:28 05:49 06:13 11:42 15:02 17:32 18:47
5 04:18 04:28 05:49 06:13 11:42 15:02 17:33 18:47
6 04:18 04:28 05:49 06:14 11:42 15:03 17:33 18:47
7 04:18 04:28 05:50 06:14 11:42 15:03 17:33 18:47
8 04:19 04:29 05:50 06:14 11:43 15:03 17:33 18:48
9 04:19 04:29 05:50 06:14 11:43 15:03 17:34 18:48
10 04:19 04:29 05:50 06:14 11:43 15:04 17:34 18:48
11 04:19 04:29 05:50 06:15 11:43 15:04 17:34 18:48
12 04:19 04:29 05:50 06:15 11:43 15:04 17:34 18:49
13 04:20 04:30 05:51 06:15 11:44 15:04 17:34 18:49
14 04:20 04:30 05:51 06:15 11:44 15:04 17:35 18:49
15 04:20 04:30 05:51 06:15 11:44 15:05 17:35 18:49
16 04:20 04:30 05:51 06:15 11:44 15:05 17:35 18:49
17 04:20 04:30 05:51 06:15 11:44 15:05 17:35 18:50
18 04:21 04:31 05:51 06:16 11:44 15:05 17:36 18:50
19 04:21 04:31 05:51 06:16 11:45 15:05 17:36 18:50
20 04:21 04:31 05:52 06:16 11:45 15:06 17:36 18:50
21 04:21 04:31 05:52 06:16 11:45 15:06 17:36 18:50
22 04:21 04:31 05:52 06:16 11:45 15:06 17:37 18:50
23 04:21 04:31 05:52 06:16 11:45 15:06 17:37 18:51
24 04:22 04:32 05:52 06:16 11:45 15:06 17:37 18:51
25 04:22 04:32 05:52 06:16 11:46 15:07 17:37 18:51
26 04:22 04:32 05:52 06:16 11:46 15:07 17:37 18:51
27 04:22 04:32 05:52 06:16 11:46 15:07 17:38 18:51
28 04:22 04:32 05:52 06:16 11:46 15:07 17:38 18:51
29 04:22 04:32 05:52 06:16 11:46 15:07 17:38 18:51
30 04:22 04:32 05:52 06:16 11:46 15:07 17:38 18:51

Jadwal Imsakiyah Medan dan Sekitarnya

HariImsakShubuhTerbitDhuhaZhuhrAsharMaghribIsya
104:4304:5306:1406:3912:2815:5518:4019:53
204:4404:5406:1406:3912:2815:5518:4019:54
304:4404:5406:1406:4012:2815:5518:4019:54
404:4404:5406:1506:4012:2815:5518:4019:54
504:4404:5406:1506:4012:2915:5618:4019:54
604:4404:5406:1506:4012:2915:5618:4119:54
704:4504:5506:1506:4012:2915:5618:4119:55
804:4504:5506:1606:4112:2915:5618:4119:55
904:4504:5506:1606:4112:3015:5618:4119:55
1004:4504:5506:1606:4112:3015:5718:4119:55
1104:4604:5606:1606:4112:3015:5718:4219:55
1204:4604:5606:1606:4212:3015:5718:4219:56
1304:4604:5606:1706:4212:3015:5718:4219:56
1404:4604:5606:1706:4212:3115:5718:4219:56
1504:4704:5706:1706:4212:3115:5718:4219:56
1604:4704:5706:1706:4212:3115:5718:4319:56
1704:4704:5706:1806:4312:3115:5818:4319:56
1804:4704:5706:1806:4312:3115:5818:4319:56
1904:4804:5806:1806:4312:3115:5818:4319:56
2004:4804:5806:1806:4312:3215:5818:4319:56
2104:4804:5806:1806:4312:3215:5818:4319:57
2204:4804:5806:1906:4312:3215:5818:4319:57
2304:4904:5906:1906:4412:3215:5818:4319:57
2404:4904:5906:1906:4412:3215:5818:4419:57
2504:4904:5906:1906:4412:3215:5818:4419:57
2604:5005:0006:1906:4412:3215:5818:4419:57
2704:5005:0006:1906:4412:3315:5818:4419:57
2804:5005:0006:2006:4412:3315:5818:4419:57
2904:5005:0006:2006:4512:3315:5818:4419:57
3004:5105:0106:2006:4512:3315:5818:4419:57

Jadwal Imsakiyah Makasar dan Sekitarnya

Hari Imsak Shubuh Terbit Dhuha Zhuhr Ashar Maghrib Isya
1 04:36 04:46 06:08 06:31 12:05 15:27 18:00 19:14
2 04:37 04:47 06:08 06:32 12:05 15:28 18:00 19:15
3 04:37 04:47 06:08 06:32 12:05 15:28 18:00 19:15
4 04:37 04:47 06:08 06:32 12:05 15:28 18:01 19:15
5 04:37 04:47 06:08 06:32 12:06 15:28 18:01 19:15
6 04:37 04:47 06:09 06:33 12:06 15:29 18:01 19:15
7 04:38 04:48 06:09 06:33 12:06 15:29 18:01 19:16
8 04:38 04:48 06:09 06:33 12:06 15:29 18:01 19:16
9 04:38 04:48 06:09 06:33 12:06 15:29 18:02 19:16
10 04:38 04:48 06:09 06:33 12:07 15:29 18:02 19:16
11 04:39 04:49 06:10 06:34 12:07 15:30 18:02 19:16
12 04:39 04:49 06:10 06:34 12:07 15:30 18:02 19:17
13 04:39 04:49 06:10 06:34 12:07 15:30 18:03 19:17
14 04:39 04:49 06:10 06:34 12:07 15:30 18:03 19:17
15 04:39 04:49 06:10 06:34 12:08 15:30 18:03 19:17
16 04:40 04:50 06:11 06:34 12:08 15:31 18:03 19:17
17 04:40 04:50 06:11 06:34 12:08 15:31 18:03 19:18
18 04:40 04:50 06:11 06:35 12:08 15:31 18:04 19:18
19 04:40 04:50 06:11 06:35 12:08 15:31 18:04 19:18
20 04:40 04:50 06:11 06:35 12:09 15:31 18:04 19:18
21 04:41 04:51 06:11 06:35 12:09 15:31 18:04 19:18
22 04:41 04:51 06:11 06:35 12:09 15:32 18:05 19:18
23 04:41 04:51 06:11 06:35 12:09 15:32 18:05 19:18
24 04:41 04:51 06:12 06:35 12:09 15:32 18:05 19:19
25 04:41 04:51 06:12 06:35 12:09 15:32 18:05 19:19
26 04:41 04:51 06:12 06:35 12:09 15:32 18:05 19:19
27 04:42 04:52 06:12 06:35 12:10 15:32 18:05 19:19
28 04:42 04:52 06:12 06:35 12:10 15:32 18:06 19:19
29 04:42 04:52 06:12 06:35 12:10 15:33 18:06 19:19
30 04:42 04:52 06:12 06:35 12:10 15:33 18:06

19:19

Jadwal Imsakiyah Padang dan Sekitarnya

Hari Imsak Shubuh Terbit Dhuha Zhuhr Ashar Maghrib Isya
104:4504:5506:1606:4012:2115:4618:2519:38
204:4604:5606:1606:4112:2115:4718:2519:38
304:4604:5606:1606:4112:2215:4718:2519:38
404:4604:5606:1606:4112:2215:4718:2519:39
504:4604:5606:1606:4112:2215:4718:2519:39
604:4604:5606:1706:4112:2215:4718:2619:39
704:4704:5706:1706:4212:2215:4818:2619:39
804:4704:5706:1706:4212:2315:4818:2619:40
904:4704:5706:1706:4212:2315:4818:2619:40
1004:4704:5706:1806:4212:2315:4818:2619:40
1104:4804:5806:1806:4212:2315:4818:2719:40
1204:4804:5806:1806:4312:2315:4918:2719:40
1304:4804:5806:1806:4312:2415:4918:2719:40
1404:4804:5806:1806:4312:2415:4918:2719:41
1504:4804:5806:1906:4312:2415:4918:2819:41
1604:4904:5906:1906:4312:2415:4918:2819:41
1704:4904:5906:1906:4412:2415:4918:2819:41
1804:4904:5906:1906:4412:2515:5018:2819:41
1904:4904:5906:1906:4412:2515:5018:2819:41
2004:5005:0006:1906:4412:2515:5018:2819:41
2104:5005:0006:2006:4412:2515:5018:2919:42
2204:5005:0006:2006:4412:2515:5018:2919:42
2304:5005:0006:2006:4412:2515:5018:2919:42
2404:5005:0006:2006:4512:2615:5018:2919:42
2504:5105:0106:2006:4512:2615:5018:2919:42
2604:5105:0106:2006:4512:2615:5018:2919:42
2704:5105:0106:2006:4512:2615:5118:2919:42
2804:5105:0106:2006:4512:2615:5118:3019:42
2904:5105:0106:2106:4512:2615:5118:3019:42
3004:5205:0206:2106:4512:2615:5118:30

19:42

Jadwal Imsakiyah Palembang dan Sekitarnya

Hari Imsak Shubuh Terbit Dhuha Zhuhr Ashar Maghrib Isya
104:3104:4106:0106:2612:0315:2718:0319:17
204:3104:4106:0206:2612:0415:2818:0419:17
304:3204:4206:0206:2712:0415:2818:0419:17
404:3204:4206:0206:2712:0415:2818:0419:17
504:3204:4206:0206:2712:0415:2818:0419:18
604:3204:4206:0206:2712:0415:2918:0419:18
704:3304:4306:0306:2712:0515:2918:0519:18
804:3304:4306:0306:2812:0515:2918:0519:18
904:3304:4306:0306:2812:0515:2918:0519:18
1004:3304:4306:0306:2812:0515:2918:0519:19
1104:3304:4306:0406:2812:0515:3018:0519:19
1204:3404:4406:0406:2812:0615:3018:0619:19
1304:3404:4406:0406:2912:0615:3018:0619:19
1404:3404:4406:0406:2912:0615:3018:0619:19
1504:3404:4406:0406:2912:0615:3018:0619:20
1604:3504:4506:0406:2912:0615:3118:0719:20
1704:3504:4506:0506:2912:0715:3118:0719:20
1804:3504:4506:0506:2912:0715:3118:0719:20
1904:3504:4506:0506:3012:0715:3118:0719:20
2004:3504:4506:0506:3012:0715:3118:0719:20
2104:3604:4606:0506:3012:0715:3118:0819:20
2204:3604:4606:0506:3012:0815:3118:0819:21
2304:3604:4606:0506:3012:0815:3218:0819:21
2404:3604:4606:0606:3012:0815:3218:0819:21
2504:3604:4606:0606:3012:0815:3218:0819:21
2604:3704:4706:0606:3012:0815:3218:0819:21
2704:3704:4706:0606:3012:0815:3218:0819:21
2804:3704:4706:0606:3012:0815:3218:0919:21
2904:3704:4706:0606:3012:0815:3218:0919:21
3004:3704:4706:0606:3012:0815:3218:09

19:21

Jadwal Imsakiyah Denpasar dan Sekitarnya

HariImsakShubuhTerbitDhuhaZhuhrAsharMaghribIsya
104:5905:0906:3006:5512:2215:4118:1119:25
204:5905:0906:3006:5512:2215:4218:1119:26
305:0005:1006:3006:5512:2215:4218:1219:26
405:0005:1006:3106:5512:2215:4218:1219:26
505:0005:1006:3106:5612:2215:4218:1219:26
605:0005:1006:3106:5612:2315:4318:1219:26
705:0005:1006:3106:5612:2315:4318:1219:27
805:0105:1106:3206:5612:2315:4318:1319:27
905:0105:1106:3206:5612:2315:4318:1319:27
1005:0105:1106:3206:5712:2415:4318:1319:27
1105:0105:1106:3206:5712:2415:4418:1319:28
1205:0105:1106:3206:5712:2415:4418:1419:28
1305:0205:1206:3206:5712:2415:4418:1419:28
1405:0205:1206:3306:5712:2415:4418:1419:28
1505:0205:1206:3306:5712:2515:4518:1419:28
1605:0205:1206:3306:5712:2515:4518:1519:29
1705:0205:1206:3306:5812:2515:4518:1519:29
1805:0305:1306:3306:5812:2515:4518:1519:29
1905:0305:1306:3306:5812:2515:4518:1519:29
2005:0305:1306:3306:5812:2515:4618:1619:29
2105:0305:1306:3306:5812:2615:4618:1619:30
2205:0305:1306:3406:5812:2615:4618:1619:30
2305:0305:1306:3406:5812:2615:4618:1619:30
2405:0305:1306:3406:5812:2615:4618:1619:30
2505:0405:1406:3406:5812:2615:4718:1719:30
2605:0405:1406:3406:5812:2615:4718:1719:30
2705:0405:1406:3406:5812:2615:4718:1719:30
2805:0405:1406:3406:5812:2715:4718:1719:31
2905:0405:1406:3406:5812:2715:4718:1819:31
3005:0405:1406:3406:5812:2715:4718:1819:31

Catatan :

  • Jadwal puasa diatas merupakan jadwal yang mengikuti keputusan resmi Pemerintah RI
  • Jadwal imsakiyah Ramadhan 1438 H diatas berlaku untuk wilayah kota yang bersangkutan. dengan radius maksimal +/- 25 km.
  • Sudah ditambah waktu ihtiyati (pengaman) sebesar +/- 2 menit.
Itulah jadwal imsakiyah pada ramadan kali ini, semoga ya

Wanita yang Haram untuk Dinikahi Pria Muslim

https://3.bp.blogspot.com/-tjylb74Xy18/V3IRuQUNCbI/AAAAAAAAD6U/GuIX04Jfzd82StSRmkXdKuAxVDblbDZtwCLcB/s1600/17%2Bwanita%2Byang%2Bharam%2Bdinikahi.jpg 
Wawanislam - Wanita yang haram dinikahi laki laki muslim Maksudnya ialah wanita yang ada sebab-sebab tertentu yang mana selama sebab-sebab itu masih ada, wanita tersebut tidak boleh dinikahi. Tetapi bilamana sebab-sebab itu telah hilang, maka wanita terssebut boleh dinikahinya. Berikut wanita-wanita yang haram dinikahi oleh pria muslim yaitu:


1) Wanita yang bersuami.
Haram hukumnya wanita yang masih mempunyai suami untuk dinikahi lagi meskipun suaminya menyetujuinya, ini disebut poliandri, dan hukumnya tetap haram wanita yang bersuami lebih dari satu.

Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah An-Nisa’ ayat 24:

Artinya: “Dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, kecuali budak-budak yang kamu miliki (Allah telah menetapkan hukum itu) sebagai ketetapan-Nya atas kamu.” (QS. An-Nisaa’ : 24)

2) Wanita yang masih di dalam iddah
Haram hukumnya menikahi wanita yang dalam masa iddah, baik iddah karena ditinggal mati suaminya atau iddah karena dicerai oleh suaminya.

Adapun tentang iddah wanita adalah sebagai berikut :

Pertama: Wanita yang haid, iddahnya 3 kali quru’ (tiga kali suci).

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-baqarah ayat 228:

Artinya: “wanita-wanita yang ditalak hendaklah menahan diri (menunggu) tiga kali quru’. Tidak boleh mereka menyembunyikan apa yang diciptakan Allah dalam rahimnya, jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhirat. Dan suami-suaminya berhak merujukinya dalam masa menanti itu, jika mereka (para suami) itu menghendaki ishlah.” (QS. Al-Baqarah : 228)

Kedua: Wanita yang ditinggal mati suaminya, iddahnya 4 bulan 10 hari.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-baqarah ayat 234:

Artinya : “Orang-orang yang meninggal dunia diantaramu dengan meninggalkan istri-istri (hendaklah para istri itu) menangguhkan dirinya (beriddah) empat bulan sepuluh hari. (QS. Al-Baqarah : 234)

Ketiga: Wanita yang telah berhenti dari haid (tidak haid lagi) iddahnya 3 bulan.

Hati-Hatilah! Durhaka Kepada Orang Tua Adalah Dosa Besar
Begitu pentingnya berbakti kepada k ...
Nama-Nama Malaikat Yang Wajib Diketahui Beserta Tugasnya
Percaya kepada malaikat merupak ...

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah At-Thalaq ayat 4 :

Artinya: “…Dan perempuan-perempuan yang tidak haid lagi (menopause) diantara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentang masa iddahnya) maka iddah mereka adalah tiga bulan. Dan begitu (pula) perempuan-perempuan yang tidak haid.” (QS. Ath-Thalaaq : 4)

Keempat: Wanita yang hamil iddahnya hingga melahirkan kandungannya.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah At-Thalaq ayat 4 ::

Artinya: “… Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaaq : 4)

3) Wanita yang sudah ditalaq tiga kali.
Wanita yang sudah ditalak tiga tidak boleh langsung dinikahi lagi oleh sang mantan suami, sebelum wanita itu menikah lagi dengan laki-laki lain, dan melakukan hubungan intim dengan suaminya yang baru, jadi mantan suaminya yang pertama harus menunggu sampai ia diceraikan oleh suami barunya.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 230 :

Artinya: “Kemudian jika si suami menthalaqnya (sesudah thalaq yang kedua), maka perempuan itu tidak halal lagi baginya hingga dia kawin dengan suami yang lain. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikannya, maka tidak ada dosa bagi keduanya (bekas suami pertama dan istri) untuk kawin kembali jika keduanya berpendapat akan dapat menjalankan hukum-hukum Allah. Itulah hukum-hukum Allah, diterangkan-Nya kepada kaum yang (mau) mengetahui”. (QS. Al-Baqarah : 230)

4) Wanita musyrik sehingga beriman ia
Haram hukumnya menikahi wanita musyrik (kafir), karena salah satu syarat sah nikah adalah muslim. Begitu pula sebaliknya wanita muslim haram menikah dengan laki-laki musyrik. Jadi apabila orang kafir tersebut mau masuk islam maka tidak haram lagi bagi orang muslim untuk menikahinya.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 221:

Artinya: “Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mu'min lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. (QS. Al-Baqarah : 221)

5) Memadukan seorang wanita dengan saudaranya atau dengan bibinya.
Haram hukumnya menikahi dua wanita yang bersaudara, baik itu kakaknya, adiknya ataupun bibinya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah An-Nisaa’ ayat 23:

Artinya: “Dan (diharamkan) menghimpunkan dalam perkawinan dua wanita yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nisaa’ : 23)

Dari Abu Hurairah ia berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabd:, “Tidak boleh dimadu seorang wanita dengan saudara perempuan ayah wanita itu dan seorang wanita dengan saudara perempuan ibu wanita itu”. (HR. Bukhari dan Muslim).

6) Haram menikahi wanita yang ada hubungan nasab (kakak, adik) dan hubungan pesusuan (ibu susu atau orang yang sama sesusuan dengan kita) atau hubungan perkawinan (ibu tiri, anak tiri).

7) Haram menikahi wanita yang menjadi istri kelima, karena batas maksimal jumlah istri adalah empat. Jadi apabila ingin menikah yang ke lima maka salah satu harus diceraikan terlebih dahulu.


Demikian, semoga bermanfaat!