Home » Kajian Islam , Menikah » Bulan Baik untuk Menikah Menurut Islam

Bulan Baik untuk Menikah Menurut Islam

Silahkan melihat semua artikel wawanislam disini


Banyak juga yang menanyakan tentang waktu yang tepat untuk melakukan pernikahan. Mesti kami beritahukan sebelumnya bahwa tak ada saat-saat atau hari-hari tertentu yang harus dijadikan pertimbangan untuk melangsungkan pernikahan. Begitu pula dengan hari buruk untuk menikah. Semua hari dalam setahun baik untuk menikah.
Bulan Baik untuk Menikah Menurut Islam
Adapun anggapan tentang hari buruk dan hari baik untuk menikah merupakan bawaan dari zaman jahiliyah. Bangsa Arab Jahiliyah dulunya enggan melakukan perkawinan di bulan syawal, lantaran di dalam nama Syawal terkandung makna “terangkat”.

Namun, Aisyah ra, sebagaimana yang tertera dalam Shahih Muslim menuturkan,

“Rasulullah saw menikahiku di bulan syawal , dan berkumpul denganku di bulan syawal. Tidak ada istri-istri beliau yang seberuntung aku”
waktu untuk menikah
Oleh karena itu, Aisyah sangat merekomendasikan kepada wanita-wanita untuk melakukan pernikahan di bulan syawal agar tidak menyamai masyarakat Jahiliyah.

Sebagian besar umat muslim biasanya enggan untuk menikah di bulan ramadhan demi menjaga kewajiban puasa. Mereka khawatir jika kedua pengantin ditaklukkan oleh syahwat di siang hari. Ini hanyalah kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat, bukan ajaran yang digariskan oleh agama. Intinya tipa orang harus mengetahui kapasitas dan potensi diri masing-masing.

Note: yang terpenting itu kita bisa menikah meski di hari atau bulan yang menurut orang tidak baik daripada kita mengulur-ngulur waktu untuk berpacaran yang lama kan?

Salam wawanislam
Title : Bulan Baik untuk Menikah Menurut Islam
Link: Wawan Islam
Notes: If you want copy my article, please link to us and press Ctrl + D to bookmark

New Article :